Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Sabtu, 08 Agustus 2020

Kadar Gizi Ikan Kembung Tiga Kali Ikan Salmon

| Sabtu, 08 Agustus 2020

 

Ikan kembung
Ikan Kembung (IG)

Ikan Kembung merupakan salah satu jenis ikan yang banyak diolah dan konsumsi sehari-hari. Ikan yang masih berkerabat dengan tuna, tengiri, makarel dan tongkol ini memiliki ukuran yang bervariasi, namun relatif kecil. Beruntung, Indonesia punya Ikan Kembung yang diyakini jauh lebih baik dari Ikan Salmon.

Ikan Kembung berasal dari famili Scombriade dan genus Rastrelliger. Ikan ini adalah jenis ikan pelagis kecil yang menjadi komoditas utama para nelayan kelas menengah.

Memiliki perawakan yang kecil serta jumlah populasi yang melimpah, ikan ini memiliki nilai jual yang lebih terjangkau jika dibandingkan Ikan Salmon.

Kabar baiknya, ikan kecil ini ternyata memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi serta harga lebih murah daripada Ikan Salmon.

Jika Ikan Salmon biasanya dikaitkan sebagai ikan yang kaya omega 3, ternyata omega 3 yang dimiliki Ikan Kembung ini lebih tinggi.

Tercatat, dari 100 gram Ikan Salmon mengandung energi 142 kkal, protein 19,84, lemak tak jenuh 6,343gr, zat besi 0,80gr, dan kalsium 12gr.

Sedangkan dari 100gr Ikan Kembung mengandung energi 162 kkal, protein 19,32gr, lemak tak jenuh 2,343gr, zat besi 1mg, dan kalsium 20mg.

Bukan hanya itu, yang paling mengejutkan adalah ternyata omega 3 yang terdapat pada Ikan Kembung Tiga Kali Lebih Besar daripada Ikan Salmon.

Sementara itu, Ikan Kembung masih memiliki kandungin gizi lainnya mulai dari vitamin B12, B6, B2, dan D, fosfor serta Selenium. Nutrisi yang ada di dalam Ikan Kembung ini sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama bagi tulang dan gigi.

Harganya yang relative murah, membuat ikan kembung kerap diremehkan lantaran dianggap tidak memiliki kandungan nutrisi yang memadai untuk kesehatan tubuh manusia. Padahal, menurut para ahli gizi, nutrisi yang dimiliki Ikan Kembung justru jauh lebih tinggi dibanding dengan Ikan Salmon.

Ikan yang oleh masyarakat Maluku disebut sebagai ikan lema ini memiliki nilai kandungan yang lebih tinggi. Salah satunya omega 3, yang dapat membantu perkembangan otak dan mata pada bayi. Juga membantu pertumbuhan otak normal dan perkembangan mata saat janin berada di dalam Rahim. Jantung bayi akan sehat dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Vitamin D yang terkandung membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi yang sehat.

Olahan ikan kembung
Olahan sederhana Ikan Kembung (IG)
Lantas, apa saja manfaat rahasia Ikan Kembung yang terabaikan warga +62 karena pamornya yang kalah tenar dengan Ikan Salmon? Berikut adalah manfaatnya bagi kesehatan bahkan kecantikan, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan omega 3 yang lebih tinggi dari Ikan Salmon ini dipercaya dapat mencegah penyakit jantung koroner. Bahkan, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam pembuluh darah arteri.

Mengonsumsi secara rutin, dapat mencegah penumpukan plak yang menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit kronis. Kandungan kadar asam lemak omega 3 pada ikan ini juga mampu mencegah kenaikan tekanan darah sekaligus menurunkan resiko terkena hipertensi.

Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan omega 3 yang paling banyak dicari warga +62 lantaran manfaat luar biasanya untuk kesehatan otak. Pasalnya, omega 3 yang dimilikinya dapat memperbaiki sel-sel otak yang rusak dan memicu pertumbuhan sel otak yang baru. Ikan yang juga dikenal sebagai Indian Macharel ini juga dapat meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi.

Tidak hanya itu, kandungan zat besinya juga mampu memperbaiki sel-sel rusak pada otak. Sehingga ikan ini dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak seseorang apabila dikonsumsi secara rutin.

Menguatkan Otot dan Tulang

Kandungan vitamin D-nya, mampu mengembalikan otot yang sobek akibat bergerak aktif. Jika dikonsumsi dengan takaran cukup dan rutin, bagi yang mengonsumsi ikan ini akan memiliki otot yang jauh lebih sehat dan kuat.

Vitamin D ikan ini juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Tak kalah pentingnya, vitamin itu berperan penting dalam memaksimalkan absorbs kalsium. Kalsium adalah mineral yang berfungsi untuk membentuk dan memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Mengontrol Gula Darah dan Tekanan Darah

Kandungan omega 6 dalam ikan ini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Ikan tersebut cocok menjadi pilihan menu bagi pasien diabetes untuk menjaga kadar gula agar tetap terkendali.

Tak hanya itu, ikan ini juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Adanya kadar kalium dalam ikan dapat menjaga tekanan darah normal. Sehingga ikan ini dapat mencegah darah tinggi maupun darah rendah.

Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan, sangat baik bagi perkembangan janin. Bahkan, kandungan itu juga dapat menjaga kesehatan jantung, otak, mata, dan sistem saraf si ibu dan bayi dalam kandungan.

Omega 3-nya juga dapat mencegah persalinan premature, menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil, serta mencegah cacat lahir.

Fosfornya, juga mendukung kesehatan dan kekuatan tulang, otot, fungsi ginjal, dan konduksi saraf janin.

Sebuah penelitian dalam Journal of Nutrition and Food Science 2016, kandungan Seleniumnya dapat mencegah komplikasi bagi ibu hamil.

Penyakit Rematik

Dengan mengonsumsi Ikan Kembung, bagi penderita rematik akan memberikan efek anti nyeri yakni adanya senyawa yang bersifat anti-inflamasi.

Menghambat Kanker

Resiko terkena kanker pun bisa dikurangi dengan rutin mengonsumsi asam lemak esensial yang terkandung dalam ikan ini.

Cegah Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Kandungan Decosahexaenonic acid atau DHA pada Ikan Kembung sangat baik untuk mencegah resiko terkena penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Maka dari itu, meski Salmon sebagai “dewanya” ikan karena berbagai kandungan super terutama omega 3-nya, kerap membuat orang berpikir dua kali sebelum membeli karena harganya yang terbilang mahal. Nah, sekarang tidak perlu ragu lagi. Untuk mendapatkan kandungan gizi yang lebih, Ikan Kembung merupakan pilihan bijak bahkan lebih unggul dibanding dengan Ikan Salmon. ***

 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar