Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Senin, 17 Agustus 2020

KH. Syamsul Ma’arif, M.Pdi., Ijazah Kubro Guru Ilmu Hikmah

| Senin, 17 Agustus 2020

Syamsul maarif
KH. Syamsul Ma'arif (Dok. Pribadi)
KH. Syamsul Ma’arif merupakan ketua Yayasan dan Pangasuh Pondok Pesantren Kebon Kelapa Al Ma’arif dengan Nomor Statistik : 512 32 11 37 541. Ia mendirikan pondok pesantren pada tahun 2005 di atas tanah seluas 16.958 m2.

Di Pondok Pesantren Kebon Kelapa Al Ma’arif, ia mengelola Lembaga Pendidikan RA. Al Ma’arif, MI Al Ma’arif, MTs-MA Al Ma’arif, SMK Al Ma’arif, SLB Al Ma’arif, PAUD TPQ, TQA & DTA, Paket A, B, & C, Keaksaraan Fungsional (KF), Ijazah Kubro (pendalaman ilmu hikmah).

Santriwan dan santriwati yang belajar di Pondok Pesantren Kebon Kelapa Al Ma’arif,, dididik oleh KH. Syamsul Ma’arif dengan pendidikan agama, umum sampai ilmu silat dan ilmu hikmah, namun untuk ilmu hikmah khusus hanya diturunkan kepada santriwan dan santriwati yang akan mukim di tengah-tengah masyarakat. Hal itu dilakukan dalam rangka melestarikan warisan hukum dan memberikan bekal terhadap santri senior yang siap terjun di masyarakat.

Disela-sela kesibukannya mengajar ngaji di Pondok Pesantren Kebon Kelapa Al Ma’arif beliau membuka Ijazah Kubro dan Program Guru Ilmu Hikmah dengan harapan agar para santri lulusan Al Ma’arif bisa membantu dan memberi solusi terbaik bagi masyarakatnya (liyu’inu qoumahum idza roja’un).

Beliau juga banyak menterjemahkan kitab-kitab ilmu hikmah ke dalam bahasa Indonesia lengkap dengan syarah dan penjelasannya. Di antara kitab susunan beliau adalah Kitab Zadul Hukama (bekal ahli hikmah), jawahirul hikmah juz 1, 2, & 3 (mutiara ilmu hikmah), jaljalut kubro juz 1 & 2, cara membuat wifiq dari mulai masalas sampai mutasa’, kumpulan ilmu asmak, kitab pusaka, kumpulan ilmu asmak, kitab pusaka, kumpulan ilmu asmak warisan hukama, manba’ hikmah (sumber ilmu hikmah), manba’ arzaq (sumber rejeki), mujahadah taosi arzaq (mujahadah penderas rejeki), dll.

Di samping memberikan ilmu hikmah juga beliau menterjemahkan kitab-kitab dari fan lain, antara lain, terjemahan sulamul munaoroq fan ilmu mantiq, terjemah jauharul maknun fan ilmu balaghoh, kitab alfiyah ibnu malik fan ilmu nahwu, alfiyah suyuti fan mustolahul hadis.

Pemmberian ijazah tersebut telah diikuti ribuan peserta terdiri dari alumni Pondok Pesantren Kebon Kelapa Al Ma’arif dan dari masyarakat umum dari dalam maupun luar negeri: Malaysia, Brunai, Singapura, Hongkong, Jepang, Arab Saudi, Pulau Jawa, Bali, Madura, Riau Sumatera, Palembang, Lampung, Medan, dll. ***

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar