Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Jumat, 25 September 2020

Manfaat Kesehatan Konsumsi Burung Puyuh

| Jumat, 25 September 2020

Burung Puyuh
Olahan daging Puyuh (freshtymart[dot]com)

Siapa yang tidak kenal dengan Burung Puyuh. Bentuknya yang mungil dan kecil ini kerap dimanfaatkan telurnya khususnya bagi para traveler selama perjalanan untuk menambah energi dan asupan nutrisi untuk mendongkrak tenaga.

Melansir Wikipedia, Puyuh adalah nama beberapa genera dalam familia Phasianidae. Burung ini berukuran menengah. Burung Puyuh dari Dunia Baru (family Odontophoridae) dan Puyuh kancing (family Turnicidae) tidak berkerabat dekat namun nama mereka memiliki perilaku dan karakteristik fisik yang mirip.

Keluarga Burung Puyuh termasuk jenis burung yang sering dimakan. Burung Puyuh sering dimasak ala Prancis. Daging Burung Puyuh juga biasa ditemukan pada masakan Malta, Portugis, dan India. Burung Puyuh umumnya dimakan bersama dengan tulangnya karena mudah dikunyah dan karena ukurannya yang kecil sangat menyulitkan untuk mengeliminasi tulang dari dagingnya.

Telur Burung Puyuh juga merupakan makanan yang lezat. Seringkali mereka makan mentah bersama sushi dan umumnya ditemukan pada menu makan siang Jepang. Di Kolombia, telur Burung Puyuh rebus digunakan untuk pelengkap hot dog dan hamburger. Di Filipina, telur Burung Puyuh direbus dan dicelup dengan saus lalu digoreng dengan banyak minyak adalah jajanan lokal yang popular.

Telur Burung Puyuh memang dikenal memiliki kandungan gizi yang sehat untuk tubuh. Namun tak hanya telurnya, daging Burung Puyuh pun juga memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan. Berikut di antara khasiatnya, seperti dilansir beautynesia[dot]id:

Menjaga kesehatan jantung

Daging Burung Puyuh mengandung lemak yang baik bagi tubuh, yaitu lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh sendiri berfungsi dalam mengendalikan kadar kolesterol yang merupakan penyebab terjadinya penyempitan pembuluh darah dan yang mengganggu sirkulasi darah dalam tubuh, termasuk gangguan fungsi jantung.

Menjaga kesehatan kulit

Daging Burung Puyuh mengandung vitamin E yang dapat merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Vitamin E diketahui mampu meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat regenerasi sel kulit. Selain itu, dengan sifat antioksidannya juga mampu menangkal radikal bebas.

Mengobati amnesia

Daging Burung Puyuh mengandung zat besi yang dapat mengatasi anemia dan darah rendah. Hal ini lantaran zat beesi diketahui mampu memproduksi hemoglobin dan eritrosit yang dapat mengatasi sedikit darah dalam tubuh.

Mencegah osteoporosis

Daging Burung Puyuh diketahui mampu merawat tulang dalam mencegah osteoporosis. Hal ini dikarenakan dagingnya begitu kaya akan fosfor dan kalsium, yang merupakan senyawa penyusun tulang.

Memperbaiki jaringan tubuh

Daging Burung Puyuh mengandung protein yang dapat membantu meregenerasi beberapa jaringan dan sel di dalam kuku, kulit, serta rambut. Selain itu, dapat meningkatkan produksi hormone dan enzim dalam tubuh. ***

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar