Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Sabtu, 19 September 2020

Rahasia Peran Istri Agar Rejeki Suami Lancar dan Berlimpah

| Sabtu, 19 September 2020

Doa
Istri mendoakan dikala suami bekerja (muslimdakwah[dot]com) 

Rejeki adalah perkara yang dibutuhkan oleh seluruh umat manusia sepanjang hayat mereka menjalani kehidupan. Bahkan, setiap usaha yang dilakukan manusia di dunia ini bermuara pada upaya untuk mencari rejeki. Mulai dari pendidikan, jabatan, dan pekerjaan seringkali dimaknai sebagai sarana menuju rejeki.

Seperti halnya firman Allah SWT, “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah lah yang memberi rejekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya itu tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)”. (QS. Huud:6).

Meski demikian, ikhtiar juga sangat penting dalam meraih suatu rejeki. Selain usaha, bekerja dan doa. Ternyata peran istri juga memiliki andil besar dalam lancar serta berlimpahnya suatu rejeki bagi suami.

Meski tak terlibat dalam aktiftas mencari uang, namun istri sangat berperan dalam peningkatan pendapatan. Kebahagiaan perempuan ketika menjadi istri dan ibu seperti magnet yang dapat menarik rejeki suaminya.

Sifat-sifat berikut ini bisa coba diterapkan para istri agar rejeki suami mengalir deras. Apa itu? Melansir infoyunik[dot]com, bahwa sifat-sifat itu antara lain:

Pandai bersyukur

Perasaan syukur akan bisa menambahkan lebih. Pada saat suami memberikan nafkah dan uang belanja, maka tugas istri adalah mensyukurinya. Pertama Allah SWT sudah menjanjikan dalam alQuran bahwa nikmat yang disyukuri akan ditambahkan lagi. Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambahkan (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkarinya (nikmatKu), maka sesungguhnya azabKu sangat pedih”. (QS. Ibrahim : 14).

Tawakkal kepada Allah SWT

Tawakal adalah berserah diri sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi atau menunggu hasil suatu pekerjaan, atau menanti akibat dari suatu keadaan. Istri yang bertawakkal, maka akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Mereka pasrah atas apa yang sudah dikehendakkan Allah kepadanya. Pada akhirnya, Allah akan mencukupkan kebutuhannya.

Rasulullah bersabda, “Seandainya kamu bertawakkal kepada Allah SWT dengan sebenar-benar tawakkal, niscaya kamu diberi rejeki seperti burung diberi rejeki, ia pagi hari lapar dan petang hari telah kenyang”. HR. Ahmad, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, al-Hakim.

Suka bersedekah

Bersedekah adalah salah satu cara untuk menarik rejeki lebih banyak lagi. Tidak ada orang yang bersedekah justru miskin dalam hidupnya. Malahan Allah SWT akan melipatgandakan apa yang sudah disedekahkannya tersebut.

Dengan bersedekah, maka akan semakin banyak rejeki yang mendatanginya. Tentu salah satunya rejeki tersebut datang melalui suami yang mencari nafkah.

Gemar bersilaturahmi

Bersilaturahmi bisa memperpanjang umur dan melancarkan rejeki. Hidup tidak hanya suami istri dan anak-anak saja, namun juga ada keluarga yang tetap harus dikunjungi meski tidak ada alasan tertentu, hanya karena Allah SWT. Suami tentu akan senang jika istri mau mengajaknya untuk bersilaturahmi kepada sanak-saudaranya. Ini akan menambahkan keharmonisan dalam keluarga dan menarik keberkahan.

Bertaqwa

Taqwa adalah kepercayaan akan adanya Allah, membenarkannya, dan takut akan Allah. Allah SWT juga sudah mengatakan, siapa yang bertaqwa kepadaNya, maka Allah SWT akan mencukupi kebutuhannya. Selayaknya istri memiliki sifat ini untuk mendatangkan keberkahan dan membuat rejekinya semakin luas.

“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah SWT niscaya Allah mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang dikehendakiNya”. Surat At Thalaq ayat 3.

Gemar mendoakan suaminya

Istri mana yang menginginkan keburukan suami? Jangan salah, tidak sedikit istri yang mendoakan hal-hal buruk terjadi pada suami. Ini tentu menjadi siat yang buruk. Selayaknya istri mendoakan hal-hal yang baik kepada suaminya. Karena semakin baik jenjang kehidupan suami, maka akan berpengaruh kepada istri.

Rajin salat Dhuha

Salat ini salah satu tujuannya adalah penarik rejeki. Sehingga jika istri rajin mengerjakan salat ini, maka suami juga akan mendapatkan manfaatnya. Pasalnya, rejeki istri tersebut salah satunya datang dari tangan suami. Semakin istri rajin, maka semakin deras pula rejeki suaminya.

Taat melayani suami

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa jika ada yang harus disembah selain Allah ST, maka nabi akan memerintahkan agar istri menyembah kepada suaminya. Ketaatan istri kepada suami merupakan salah satu magnet penarik rejeki. Bisa dibayangkan jika dalam berumahtangga istri suka membangkang apa yang suami perintahkan? Pasti akan terjadi perselisihan yang akan menjauhkan keluarga dari keberkahan. ***

 

 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar