Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Rabu, 29 Juli 2020

Rempah Nusantara vs Corona

| Rabu, 29 Juli 2020

Jahe Merah Segar
Jahe Merah Segar (shopee)

Tren konsumsi rempah nusantara, yang lebih dikenal dengan Empon-empon di antaranya jahe, kunyit hingga sereh memang sempat membuat negeri ini heboh. Pasalnya, herbal asli Indonesia ini diyakini mampu menangkal virus Corona.

Ini tak lain dikarenakan terlontarnya pernyataan Guru Besar Biologi Molekuler dari Universitas Airlangga, Chaerul Anwar Nidom beberapa waktu lalu. Menurut pendapatnya, bahwa Empon-empon dapat menangkal virus Corona.

Apa sajakah herbal yang kerap dimanfaatkan sebagai bumbu masakan itu? Berikut ulasannya:

Jahe

Di Indonesia, terdapat dua jenis jahe, yakni jahe putih dan jahe merah. Untuk jahe merah, memiliki manfaat untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Ekstrak jahe merah ini juga bisa mencegah dan membunuh bakteri serta virus yang ada di dalam tubuh.

Jahe sendiri, memiliki manfaat yang sudah teruji klinis mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe merah pun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta berfungsi untuk pencegahan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Kunyit

Herbal yang kerap menjadi bahan bumbu masakan serta sebagai pewarna alami ini diyakini para pakar untuk antisipasi Corona dikarenakan efek bahannya yakni sebagai anti peradangan. Pasalnya, virus Corona menyerang saluran pernapasan yang berakibat peradangan sehingga menimbulkan seseorang yang terkena virus ini sesak napas akibat hal itu.

Kandungan kurkuminoid dan minyak atsiri yang dimiliki kunyit berperan sebagai antioksidan, antitumor, dan anti kanker. Yang tidak kalah pentingnya, seperti uraian di atas adalah kandungan anti peradangan dan antioksidannya dapat memaksimalkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit, termasuk virus Corona juga dapat dicegah dengan konsumsi herbal ini.

Sereh

Khasiat yang dimiliki sereh yang telah teruji klinis di antaranya, mampu menurunkan demam. Selain, itu bahan aktifnya juga dapat mencegah terjadinya flu dan hidung tersumbat. Khasiat lainnya, sereh juga berperan sebagai antijamur, antibakteri, antiinflamasi, antidepresan hingga antioksidan. Masih soal khasiat sereh, bumbu dapur yang berbau harum ini juga mengatasi depresi, serta mampu mengontrol tekanan dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Diharapkan, dengan konsumsi ini serangan virus dapat dikurangi efek buruknya.

Kencur

Untuk mencegah virus Corona, tentunya hanya dengan meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, virus ini hingga sekarang masih belum memiliki vaksin yang mampu membasminya. Dan, untuk meningkatkan imun tubuh, kencur merupakan solusi yang tepat. Mengapa? Kencur telah dipercaya mampu meningkatkan system imun yang banyak dimanfaatkan sebagai jamu. Meski memiliki khasiat lain, seperti mengobati batuk, membuat pernapasan lebih lega dan membantu proses penyembuhan batuk secara optimal. Termasuk, keyakinan para ahli bahwa hal ini mampu memberikan pertolongan pertama hingga vaksin Corona ditemukan.

Temulawak Bubuk
Temulawak Bubuk (shopee)

Temulawak

Temulawak sebagai tanaman herbal, mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dipercaya sebagai sumber dari beragam penyakit. Tanaman ini pun sering dikaitkan dengan ikhtiar anti virus Corona. Pasalnya, para ahli percaya bahwa peradangan merupakan akar dari masalah beberapa penyakit seperti jantung dan kanker. Termasuk Corona, yang efek mematikannya adalah terjadinya peradangan pada saluran pernapasan yang berdampak pada kematian.

Tak heran, mengapa rempah nusantara ini pun menjadi serbuan incaran masyarakat yang berusaha agar sistem imunitas tubuhnya meningkat. Sehingga harganya pun melonjak tinggi dan stoknya menjadi menipis.

Lantas, bagaimana tips mengolah dan mengonsumsi bahan-bahan yang diyakini memberikan efek anti virus Corona? Berikut caranya:


Wedang Jahe
Wedang Jahe (shopee)

  1. Ambil rempah/herbal seukuran ibu jari yang berkualitas baik, cirinya adalah masih segar dan kulitnya masih belum terkelupas
  2. Potong menjadi beberapa bagian, kira-kira 1-2 cm lalu geprek/memarkan
  3. Sebelumnya, bersihkan lalu masukkan ke gelas / cangkir ukuran 250ml, seduh dengan air hangat suam-suam kuku (70 derajat celcius)
  4. Tunggu beberapa saat kira-kira 4 menit, minum segera hingga habis
  5. Bagi yang sehat, konsumsi ramuan 1-2 porsi setiap harinya
  6. Tambahkan gula sesuai selera, bagi penderita diabetes pakai gula rendah kalori atau bisa dengan tanpa gula (tawar) saja
Selamat mencoba, semoga senantiasa terjaga dari segala penyakit akibat imunitas tubuh yang menurun. Seperti pepatah bijak, Mencegah lebih baik daripada mengobati. Tidak hanya itu, konsumsi herbal juga lebih aman pasalnya tidak memiliki efek samping yang merugikan pasalnya menggunakan bahan-bahan alami, asli nusantara. ***


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar