Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Jumat, 28 Agustus 2020

Kandungan Gizi Buah Matoa Menghambat Infeksi Virus Dikala Pandemi Covid-19

| Jumat, 28 Agustus 2020

Buah matoa
Buah Matoa (shopee)

Buah yang satu ini dikenal sebagai Lengkeng Papua. Buah bernama asli Matoa (Pometia pinnata) merupakan salah satu pohon penghasil buah asli Papua, dengan citarasa yang khas.

Di balik unika dan langkanya buah ini, ternyata buah ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Kandungan buah Matoa terdiri dari vitamin C, vitamin E, antioksidan, juga beberapa senyawa lainnya.

Selain itu, pada kandungan buah Matoa terdapat kalsium, glukosa, dan mineral yang melimpah. Kandungan yang ada pada buah Matoa ini akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita.

Dikutip dari Wikipedia, bahwa di Papua dikenal 2 jenis Matoa, yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Ciri yang membedakan keduanya adalah terdapat pada tekstur buahnya. Matoa Kelapa dicirikan dengan daging buah yang kenyal seperti rambutan Aceh, diameter buah 2,2-2,9 cm dan diameter biji 1,25-1,40 cm. sedangkan Matoa Papeda dicirikan oleh daging buahnya yang agak lembek dan lengket dengan diameter buah 1,4-2,0 cm.

Tanaman ini mudah beradaptasi dengan kondisi panas maupun dingin. Pohon ini juga tahan terhadap serangga, yang pada umumnya merusak buah.

Buah yang masih tergolong kelompok famili Sapindaceae ini berdekatan dengan buah leci dan buah maple. Rasa yang dihasilkan oleh buah Matoa ini terasa seperti buah rambutan juga leci, dengan tekstur yang manis dan berair.

Matoa sendiri memiliki pohon dengan panjang batang pohon mencapai 20 meter. Buah yang berbentuk lonjong seperti buah sawo ini hanya berbuah pada Juli sampai Oktober saja setiap tahun.

Matoa papua
Dikenal sebagai Lengkeng Papua (shopee)

Buah Matoa adalah buah yang memiliki segudang manfaat terutama gizi dan khasiat untuk kesehatannya. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya, dikutip dari tokopedia[dot]:

Menurunkan Resiko Kanker

Tingginya kandungan antioksidan pada buah ini bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Antioksidan dibantu dengan vitamin C berguna sekali untuk menghalau zat karsinogen yang mudah menyerang tubuh.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi, buah ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengatasi Jantung Koroner

Tidak hanya vitamin C, kandungan vitamin E pada buah ini membuat buah ini mampu membantu tubuh mengatasi penyakit jantung coroner yakni dengan kombinasi perpaduan vitamin E dan C-nya.

Vitamin E dan C ini berperan mencegah degenerasi sel-sel dan meningkatkan fungsi pembuluh darah juga meningkatkan aliran darah.

Menekan Pertumbuhan Infeksi Virus

Seperti diketahui kekebalan tubuh di saat pandemi ini sangat diperlukan. Kandungan buah Matoa yang kaya akan vitamin C dan antioksidan ini mampu menekan pertumbuhan inveksi virus berbahaya seperti flu, herpes, HIV, dan bisa jadi virus Covid-19 yang kian menjadi pandemi di seluruh dunia lantaran belum ditemukan vaksin khusus yang efektif.

Mengatasi Stres

Kandungan vitamin E dan senyawa lainnya dipercaya dapat digunakan sebagai obat penenang alami. Dengan begitu stres yang Anda rasakan dapat teratasi.

Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Kandungan vitamin E dan antioksidannya mampu meningkatkan tingkat kesuburan pada pria maupun wanita. Vitamin E pada buah Matoa membuat antibody sehingga dapat melindungi sel telur pada wanita. Sedangkan pada pria, vitamin E dapat meningkatkan kualitas sperma pria.

Menangkal Radikal Bebas

Kandungan buah Matoa akan vitamin E dan antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang menggerogoti sel-sel tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan kandungan vitamin E dan C menjadikan kulit sehat. Adanya vitamin E pun dapat meningkatkan regenerasi sel kulit sedangkan vitamin C akan membuat wajah Anda cerah dan lembab.

Menekan Pertumbuhan Bakteri

Suatu penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Institute Pertanian Bogor (IPB) pada 2016 membuktikan bahwa Matoa mampu menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutan & Streptococcus sobrinus, dan Escherichia coli.

Menurunkan Darah Tinggi

Kandungan zat yang bersifat diuresis yang dimiliki Matoa, akan meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Dengan keluarnya cairan tubuh ini maka kadar cairan dalam tubuh yang terlalu banyak tadi dapat kembali normal dan membuat tekanan darah menurun.

Mencegah Munculnya Jerawat

Buah ini memiliki senyawa antimikroba. Tentunya ini akan membuat manfaat Matoa semakin seperti mencegah munculnya jerawat. Jerawat yang muncul di wajah disebabkan oleh bakteri dan kotoran yang menumpuk. Maka dari itu, hal ini bisa diatasi oleh kandungan yang terdapat di dalam buah Matoa.

Memperbaiki Kulit dari Sinar UV

Manfaat buah Matoa juga mampu memperbaiki kulit dari paparan sinar UV. Tingginya sinar UV pada tubuh membuat kulit rusak bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Penggunaan produk kecantikan yang mengandung SPF seperti sunscreen saja tidak cukup. Kandungan vitamin E pada buah Matoa mampu memperbaiki kulit dari sinar UV dan membuat kulit lembab dan elastis. ***

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar