Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Kamis, 13 Agustus 2020

Norosisno / Ki Ageng Soponyono Nasionalis Pancasila

| Kamis, 13 Agustus 2020

Norosisno
Norosisno (Dok. Pribadi)

Norosisno atau yang dikenal dengan nama lain Ki Ageng Soponyono ini adalah putra dari pasangan alm Sisno Baito dan Roro Sundari yang tinggal di Dusun Mbodo Desa Pulorejo Ponorogo.

Beliau terlahir pada 12 April tahun 1960, putra ke-9 dari 10 bersaudara ini, semenjak usia 15 tahun sudah mengembara untuk mendalami makna kehidupan, dalam rangka mencari hakekat dari kebenaran sejati.

Wejangan ajaran nasionalisme dan Pancasila yang dibacanya dari buku ayahnya, agaknya merasuk ke dalam kalbunya paling dalam. Buku berjudul “Sarinah dan Dibawah Bendera Revolusi” karangan Bung Karno mengobarkan jiwa nasionalisme dan Pancasilaismenya.

Untuk mempertahankan kecintaannya pada Pancasila, Ki Ageng Soponyono mendirikan Forum Komunikasi Nasionalis (FKN). Ia ingin menjadi nasionalis sejati. Karenanya mendalami ilmu politik dan ideologi Pancasila.

Tokoh panutan yang menjadi idolanya adalah Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno dalam bidang ilmu politiknya, serta perjalanan hidup Sunan Kalijaga sebagai pembentuk karakteker pribadinya. Pakaian hitam, udeng hitam dipadu warna merah ala pejuang tempo dulu, menjadi identitas nasionalismenya.

Meskipun kini tinggal di kontrakan kecil bersama keluarganya, tetapi tidak pernah menyesali seluruh pengorbanan dan petualangan hidupnya yang telah dilaluinya dalam mempertahankan ajaran nasionalismenya dan ideologi Pancasilanya dengan terus mensosialisasi kepada masyarakat agar hidup di NKRI berpedoman pada Pancasila dalam kehidupan selama masih menjadi warga negara Indonesia.

Kini, beliau memiliki modal filosofis dalam hidupnya, bahasa adalah penyelamat hidup dunia akhirat. Dan motto hidupnya, selalu ingin memberi pada alam kehidupan.

Atas dedikasinya itu, TabloidPosmo memberikan apresiasi atas perjuangannya dengan memberikan Anugerah Posmo Award 2015 kategori Ilmu Politik dan PANCASILA. ***

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar