Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Selasa, 01 September 2020

Amalan Sholawat Penarik Rejeki dan Penglarisan Dagangan

| Selasa, 01 September 2020

sholawat
Bersholawat (freepik[dot]com)

Beragam makna dalam bersholawat, seperti dilansir dari republika[dot]co[dot]id, bahwa jika datangnya dari Allah berarti pemberian rahmat, dari malaikat berarti memintakan ampunan, dan jika dari orang-orang mukmin berarti berdoa supaya diberi rahmat.

Sedangkan sholawat merupakan salah satu amalan yang memiliki keistimewaan luar biasa. Bahkan Allah SWT pun membaca sholawat kepada nabi.

Sebagaimana dalam firmanNya yang dikutip dari pikiran-rakyat[dot]com berikut ini:

Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna 'alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ 'alaihi wa sallimụ taslīmā.

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bersholawat untuk nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Benarkah dengan bersholawat, rejeki kita akan berlimpah?

Dalam buku “135 Sholawat Nabi” karya Habib Syarif Muhammad Alaydrus, bahwa salah satu keutamaan sholawat adalah untuk mendapatkan rejeki yang luas dan akhlak yang baik, yakni dengan melantunkan Sholawat Litawsi’il Arzaq, berikut ini bacaannya:

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin sholatan tuwassi’u biha ‘alainal arzaqa wa tuhassinu biha lanal akhlaqa wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallim

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, rahmat yang meluaskan rejeki bagi kami, yang menjadikan akhlak kami baik, dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada segenap keluarga dan sahabatnya”.

Lalu bagaimana syarat dan pengamalan sholawat tersebut?

Dikatakan dalam buku itu, yakni dengan mendawamkannya secara istiqomah pada waktu ba’da salat fardhu sebanyak bilangan 11 kali hitungan, insyaAllah dengan izin Allah, hajat yang menjadi harapan Anda cepat terkabul yakni rejeki yang mengalir deras dan tiada terputus hingga anak cucu bahkan sampai 7 turunan lebih. Aamiin.

Istimewanya lagi, apabila didawamkan atau dilafadkan sebanyak 21 kali hitungan oleh pedagang yang hendak berangkat berniaga, maka dengan izin Allah, insyaAllah orang tersebut akan memperoleh keuntungan yang berlipatganda dan tentunya berkah bagi keluarganya.

Secara umum, bersholawat juga memiliki beragam keistimewaan serta pahala bagi yang mengamalkannya. Seperti dilansir republika[dot]co[dot]id:

Terkabulnya sebuah hajat (doa)

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu membaca sholawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memujiNya. Setelah itu, baca sholawat kepada nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki”. (HR. Ahmad, Abu Daud, dan Tirmidzi).

Pahala berlipat

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali”. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Diangkat derajatnya

“Barangsiapa di antara umatmu yang bersholawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh  derajat pula”. (HR. Ahmad).

Dikumpulkan bersama nabi di surga

Rasulullah bersabda: “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca sholawat kepadaku”. (HR. Tirmidzi).

Mendapat syafaat nabi

Dari Abdullah bin Umar, dia mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bersholawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali. Lalu mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuah tempat di surge yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barangsiapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat”. (HR. Muslim).

Itulah di antara keutamaan dan keberkahan yang dapat diperoleh dengan kita bersholawat. Di dunia saja akan diberikan keberkahan rejeki berlimpah, di akhirat pun mendapat syafaat serta tempat terbaik untuk kembali yakni surga bersama Rasulullah SAW. Aamiin ya robbal alamiin. ***  

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar