Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Selasa, 22 September 2020

Resep Daun Kelor untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Dikala Pandemi Virus Covid-19

| Selasa, 22 September 2020

Sup Daun Kelor (IG)

Daun Kelor (Moringa oleifera) merupakan tanaman dari suku Moringaceae. Daunnya berbentuk oval dengan ukuran kecil yang tersusun rapi dalam satu tangkai. Pohon Kelor dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 7-11 meter, berhiaskan bunga cantik berwarna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan aroma semerbak.

Konon, tanaman ini berasal dari India sub-Himalaya dan telah banyak lama menjadi salah satu unsur penting dalam pengobatan Ayurveda, sebagai obat untuk lebih dari 300 penyakit.

Melansir honestdocs[dot]id, bahwa di dalam Daun Kelor ternyata terkandung potasium yang jumlahnya 3 kali lebih besar dari pisang, vitamin A yang 4 kali lebih melimpah dibandingkan wortel, vitamin C yang 7 kali lebih besar dari jeruk dan kadar kalsium yang 4 kali lebih banyak dari susu.

Dengan begitu dahsyatnya manfaat atau khasiat Daun Kelor, saat ini di negara barat, diinformasikan bahwa Daun Kelor tengah menjadi perbincangan hangat (viral). Pasalnya, dari berbagai penelitian yang dilakukan, ditemukan fakta yang begitu mengagumkan di balik manfaat Daun Kelor bagi kesehatan. Bahkan, ilmuwan barat sampa menjuluki daun ini dengan sebutan “Miracle Tree”.

Salah satu manfaat yang dapat dimanfaatkan apalagi ditengah pandemi covid-19 ini yakni akan khasiatnya dapat menjaga kesehatan yakni imunitas tubuh. Sistem kekebalan tubuh memegang peranan teramat penting, guna mencegah kedatangan berbagai infeksi virus maupun bakteri pembawa penyakit.

Agar sistem kekebalan tubuh selalu berada dalam kondisi yang optimal, dibutuhkan asupan nutrisi yang baik. Salah satunya dengan mengonsumsi Daun Kelor.

Manfaat Daun Kelor ini terutama kandungan vitamin A, vitamin C dan zat besi di dalamnya yang mampu meningkatkan produks sel darah putih dan sel darah merah, sehingga secara langsung dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Melansir IG resepherbalmujarab, Daun Kelor dapat diolah menjadi sup yang memiliki manfaat di atas. Berikut bahan-bahan dan cara pengolahannya:

Bahan:

  • Daun Kelor 1 ikat
  • Lada 1 sdt
  • Biji jinten 1 sdt
  • Jahe 1 inchi
  • Bubuk kunyit ½ sdt
  • Jus lemon 1 sdm

Cara mengolahnya:

Rebus Daun Kelor. Setelah mulai mendidih, tambahkan lada, biji jintan, jahe, bubuk kunyit dan garam.

Biarkan mendidih selama 10-15 menit.

Setelah direbus sepenuhnya, tambahkan jus lemon ke dalamnya.

Saring dan sajikan. ***

 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar