Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Minggu, 20 September 2020

Terapi Bumbu Dapur dengan Kencur

| Minggu, 20 September 2020

Kencur (shopee)

Kencur merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki nama ilmiah Kaempferia galanga. Tumbuhan ini punya family Zingiberaceae dan genis Kaempferia.

Bumbu dapur ini selain sebagai pelengkap bumbu masakan. Kencur sering digunakan sebagai obat tradisional terutama sebagai obat batuk yang bisa mengencerkan dahak.

Ciri khas rimpang kencur yakni kulitnya berwarna putih, coklat muda hingga coklat tua. Akar serabut umumnya tumbuh dari rimpang. Bentuk rimpang umumnya bulat, bagian tengah berwarna putih dan pinggirnya coklat kekuningan.

Ukuran rimpang juga pendek, bercabang-cabang dan berbau harum lantaran senyawa aromatik yang berasal dari golongan monoterpen dan seskuiterpen. Kencur juga punya rasa yang pedas dan khas.

Tidak hanya ampuh meredakan batuk, kencur jadi obat herbal yang bermanfaat menurunkan kolesterol dan beberapa penyakit lainnya.

Dalam rimpang kencur terkandung berbagai senyaawa kimia yang penting sebagai obat herbal. Kandungan senyawa itu di antaranya berupa unsur mineral 13,73 persen, zat tepung atau pati 4,14 persen, dan minyak atsiri sekitar 0,02 persen.

Senyawa dalam minyak atsiri kencur mengandung cukup banyak zat seperti asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, asam anisat, seneol, etil ester, paraeumorin, borneol, kamphene, gom, dan unsur alkaloid.

Ekstrak kencur juga bisa memberikan efek antiinflamasi, antioksidan, dan bersifat analgesic (pereda nyeri).

Melansir kontan[dot]co[dot]id, berikut ini adalah beberapa manfaat kencur yang baik untuk kesehatan:

Kanker

Merangkum Buu 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan (2018) oleh Yusuf CK Arianto, rimpang kencur juga mengandung etil p-metoksisinamat yang mampu menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler yang berguna sebagai antikanker.

Bakteri

Ekstrak methanol dari kencur sangat efektif menangkal dan mengatasi bakteri, termasuk bakteri penyebab penyakit sistem saraf pusat yang dinamakan granulomatous encephalitis.

Kencur juga dapat membunuh amoebic keratitis, bakteri penyebab infeksi pada kornea mata, maupun dalam mengatasi cacing parasite penyebab penyakit toksokariasis.

Kencing batu

Kandungan senyawa dalam ekstrak kencur berkhasiat dalam mengobati penyakit kencing batu. Untuk memanfaatkannya, ambil dan cuci dua rimpang kencur, lalu parut untuk dicampur dengan segelas air hangat.

Setelah diaduk rata, hasil parutan kencur disaring dan tambahakan sedikit garam untuk diminum secara teratur sehari sekali saja.

Diare

Ekstrak kencur yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan berkhasiat dalam menyembuhkan gangguan pencernaan dan diare.

Untuk mendapatkan manfaatnya, ambil dan bersihkan dua rimpang kencur dan dua siung bawang merah, kemudian tumbuk hingga halus. Bungkus ramuan tersebut dengan daun pisang, dan letakkan di atas api agar hangat, lalu taruh atau balurkan pada perut yang sakit.

Masuk angin dan flu

Caranya dengan menumbuk halus sebuah rimpang kencur dan dua lembar daun kemukus. Setelah ditambahkan sedikit air hangat, ramuan ini bisa digunakan sebagai inhaler. Ramuan bisa dioleskan di sekitar hidung atau dibungkus dulu kain agar baunya bisa dihisap hidung.

Selain itu, berkhasiat untuk mengencerkan dahak, melegakan tenggorokan, dan menyembuhkan batuk, khususnya bagi anak-anak. Caranya, ambil satu jari rimpang kencur segar kemudian bersihkan dan parut. Setelah itu, peras hasil parutan dan masukkan ke dalam sendok. Tambahkan sedikit madu dan minumkan pada anak atau balita yang sedang mengalami batuk

Muntah-muntah

Caranya, ambillah 1,5 jari kencur yang masih segar, cuci hingga bersih. Berikan kencur kepada orang-orang yang menderita muntah untuk dikunyah bersama sedikit garam. Sesudah dikunyah halus, kencur ditelan. Lakukan dua kali sehari langkah ini sampai penderita merasa lega.

Nafsu makan

Kencur memiliki manfaat karminatif yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Caranya, jadikan kencur sebagai bahan tambahan dalam masakan atau dijadikan minuman jamu.

Kolesterol

Esktrak etanol yang terkandung dalam rimpang kencur dilaporkan dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Meski demikian, penelitian perlu lebih lanjut mengenai manfaat ini.

Infeksi jamur

Ekstrak kencur terutama dapat membantu menghambat pertumbuhna jamur Candida albicans yang pada umumnya hidup di dalam tubuh, seperti saluran pencernaan, mulut, dan vagina. ***

 

 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar