Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Kamis, 17 September 2020

Buah-buahan Peningkat Sistem Kekebalan dan Pencegah Virus

| Kamis, 17 September 2020

Jambu biji mengandung vitamin C (shopee)

pH atau Potential Hydrogen merupakan konsentrasi ion hidrogen dalam suatu zat yang menentukan tingkat keasaman atau basa. Standar pH adalah 0-14. Sedangkan pH ideal atau normal untuk manusia adalah 7-7,4.  

Tubuh manusia memang sedikit basa. Dengan pH ideal tubuh akan lebih kuat menahan penyakit. Tes uji pH bisa dilakukan dengan urine atau air liur.

Melansir detik[dot]com, bahwa manusia jika pH di bawah 7 maka itu artinya tubuh terlalu asam. Ini sangat berbahaya karena tubuh tidak bisa menolerir ketidakseimbangan asam dalam waktu lama. Jika pH terlalu rendah itu artinya terjadi penumpukan karbondioksida dalam darah. Karbondioksida yang tinggi akan membuat pernapasan jadi sulit.

Kondisi tubuh yang asam menyebabkan kelelahan, nyeri, kulit melepuh, sakit kepala, mengantuk, alergi, pilek dan flu, masalah sinus. Kadar oksigen menurun akibat penumpukan karbondioksida dalam darah. Jika oksigen turun sel-sel tubuh akan mati.

Orang yang memiliki tubuh terlalu asam lebih gampang terkena bakteri atau virus. Asal tahu saja, sel kanker lebih mudah berkembang jika tubuh dalam kondisi asam yang berlebihan.

Seperti musim pandemi seperti sekarang, virus sangat rentan menyerang kondisi tubuh yang sedang dalam kadar pH tubuh di bawah 7. Termasuk, bisa jadi virus covid-19 yang kian masif menyerang warga +62 juga dapat menginfeksi tubuh yang pH-nya di bawah 7.

Dikutip dari liputan6[dot]com, bahwa buah-buahan adalah cara terbaik kedua untuk melawan keasaman di perut. Namun, beberapa buah lebih efektif daripada yang lainnya, seperti lemon, pisang, apel, anggur, aprikot, nanas, kurma, jeruk, melon, ceri, pir, semangka, peach, dan kelapa.

Sementara itu, melansir harapanrakyat[dot]com, untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh, diharuskan konsumsi makanan dan buah-buahan yang meningkatkan imunitas tubuh agar tak mudah terpapar virus, termasuk corona.

Makanan sehat mesti dikonsumsi agar tetap bugar dan terhindar dari ancaman berbagai virus penyebab penyakit. Buah-buahan adalah salah satu makanan yang wajib dikonsumsi. Seperti halnya rumus asam basa dalam tubuh.

Berikut buah-buahan yang dapat menangkal virus dan merupakan metode menetralkan kadar keasaman tubuh agar tidak terlalu asam yang berakibat pada mudahnya tubuh terserang virus.

Berikut 4 jenis buah yang dipercaya mampu menangkal virus:

Jambu biji

Buah yang mengandung banyak vitamin C, konsumsi jambu biji bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rutin konsumsi buah ini setiap hari akan meminimalisir tubuh terserang berbagai virus penyakit seperti corona.

100 gram jambu biji mengandung sekitar 228,3 miligram vitamin C, itulah sebabnya konsumsi jambu biji secara rutin akan mampu membunuh virus dan bakteri jahat penyebab infeksi.

Mangga

Buah ini mengandung banyak vitamin A, konsumsi buah mangga bisa meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Buah dari raja buah ini dipercaya ampuh melawan infeksi dalam tubuh, itulah sebabnya, mangga direkomendasikan menjadi salah satu buah pencegah virus corona.

Buah mangga juga dikenal sebagai buah yang kaya akan mineral, folat, vitamin K, E, dan vitamin B. Konsumsi buah mangga yang kaya akan kandungan nutrisinya, akan membuat tubuh kuat dan tidak mudah terserang infeksi seperti virus corona.

Buah sitrus (jeruk, jeruk nipis dan lemon)

Buah sitrus memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dan dipercaya ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah-buah sitrus juga kaya akan senyawa antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri, sehingga yang rutin konsumsi buah sitrus tidak akan mudah terkena flu.

Berbagai jenis buah sitrus juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang bisa berperan dalam melawan berbagai bibit penyakit. Untuk menangkal virus, konsumsilah buah-buah sitrus tersebut secara rutin dan berkala, agar tidak bosan.

Semangka

Buah ini mengandung banyak antioksidan yang disebut glutathione. Antioksidan tersebut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang infeksi penyebab penyakit.

Kandungan likopen daging buah semangka yang berwarna merah tersebut juga dipercaya mampu mengatasi peradangan pada sistem pernapasan, dan mencegah infeksi. ***

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar