Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Selasa, 15 September 2020

Syekh Ali Jaber Beberkan Rahasia Rejeki Mengalir Berlimpah dan Berkah

| Selasa, 15 September 2020

Syekh Ali Jaber (wikipedia)
Dai kondang Syekh Ali Jaber dalam suatu kesempatan membeberkan beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum beraktiftas khususnya bekerja. Apa itu? Melalui channel YouTubenya, dikutip dari okezone[dot]com, ia menjelakan bahwasanya terdapat dua amalan yang perlu diistiqomahkan sebelum mencari nafkah dan rejeki.

Pertama, melafalkan doa keluar rumah. Doa ini adalah doa yang sudah tidak asaing bagi kita saat hendak meninggalkan rumah untuk bepergian. Doa ini bermakna meminta pertolongan Allah SWT, sebagaimana hadist Rasulullah:

Dari Anas bin Malik, bahwa Nabi SAW bersabda: “Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan “Bismillahi tawakkkaltu ‘alallah, la hawla wa laa quwwata illa billah” (Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan-Nya), maka dikatakan ketika itu: “Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga”. Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: “Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?! (HR. Abu Daud dan Tirmidzi. Syaikh Al Albani menyatakan bahwa hadist ini shahih).

Syekh Ali Jaber menjelaskan, kecukupan yang dimaksud ialah kecukupan dalam mencari rejeki, serta akan senantiasa dilindungi oleh Allah dari hal-hal buruk dan malapetaka yang tidak diharapkan terjadi.

Kedua, tentu jangan lupa mendirikan salat. Waktu bekerja identic dimulai pada waktu pagi hari, di mana sebelumnya sebagai umat muslim wajib hukumnya menunaikan salat subuh sebelum memulai hari. Adapun salat adalah kunci datangnya rejeki, hal yang menjadi tujuan dari bekerja.

“Kunci rejeki adalah salat, apalagi salat subuh. Salat subuh membawa berkah yang luar biasa. Oleh karenanya, semakin jauh kita dari salat, maka akan sempit rejeki bahkan hingga dijauhkan dari rejeki,” papar Syekh Ali Jaber sembari mengingatkan agar kita senantiasa tidak lupa mengucapkan istighfar.

Hal ini karena istighfar mampu mendekatkan rejeki bagi siapapun yang mengamalkannya, sebagaimana Allah gambarkan jaminan akan rejeki dalam Surah Nuh ayat 10-12, yang artinya: “Maka aku katakana kepada mereka: “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anak anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamya) untukmu sungai-sungai”. (QS. Nuh [71]: 10-12).

Diungkapkannya, Syekh Ali Jaber mengatakan, bahwa tidak ada ahli istighfar yang susah akan rejeki. Karenya, begitu dianjurkan bagi kita untuk beristighfar sepanjang hari.

Tidak hanya menuai rejeki harta, namun dengan beristighfar Allah senantiasa akan melimpahkan hamba-Nya rejeki dalam bentuk keturunan yakni anak cucu yang saleh dan salehah serta berbakti kepada ortunya.

Sementara itu, merilis pikiran-rakyat[dot]com, menurut Syekh Ali Jaber, ada beberapa hal yang bisa menjaminkan rejeki. Maksud dari menjaminkan ini adalah mendatangkan rejeki, bukan memudahkan rejeki. “Tapi dimana saja posisi kita Allah datangkan rejeki kepada kita,” ungkapnya.

Setidaknya ada 4 hal yang bisa mendatangkan rejeki, di antaranya sebagai berikut melansir dari YouTube Muslim Saluran Dakwah.

Salat malam (qiyaamullail)

Terjemahan secara bahasa qiyamullail diartikan sebagai qiyaam artinya berdiri, lail artinya mala. Maksudnya memiliki pengertian agar melakukan salat malam.

Perbanyak istighfar waktu sahur

Di antara waktu istighfar terbaik adalah 30 menit sebelum adzan. Para ulama berkata, “Tidak ada waktu terbaik sewaktu sahur selain istighfar,” kata Syekh Ali Jaber.

Rasulullah juga pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca istighfar, kemudian di malam hari kerena keyakinan dia meninggal setelah membaca istighfar, dia masuk surga”.

Perbanyak sedekah

Perbanyak di sini bukan sisi jumlahnya, namun yang dimaksud adalah istiqomah dalam bersedekah.

Zikir pagi dan sore hari

Zikir dapat dilakukan pagi hari maupun petang hari. Membaca Surat Al Ikhlas 3 kali di waktu seperti malam menjelang subuh setelah salat malam, pahalanya seperti membaca alQuran 30 juz.

Seperti dikutip dari Wikipedia, bahwa Syekh Ali Jaber memiliki nama asli Ali Saleh Mohammed Ali Jaber merupakan pendakwah dan ulama berkewanegaraan Indonesia. Ia juga menjadi juri pada Hafiz Indonesia dan menjadi dai dalam berbagai kajian di berbagai stasiun televise nasional.

Sejak kecil Ali Jaber telah menekuni membaca alQuran. Ayahnyalah yang awalnya memotivasi Ali Jaber untuk belajar alQuran. Dalam mendidik agama, khususnya alQuran dan salat, ayahnya sangat keras, bahkan tidak sega-segan memukuli bila Ali Jaber kecil tidak menjalankan salat.

Keluarganya dikenal sebagai keluarga yang religius. Di Madinah ia memiliki masjid besar yang digunakan untuk syiar Islam. Sebagai anak pertama dari dua belas bersaudara, Ali Jaber dituntut untuk meneruskan perjuangan ayahnya dalam syiar Islam.

Meski awalnya apa yang ia jalani adalah keinginan sang ayah, lama-kelamaan ia menyadari itu sebagai kebutuhannya sendiri dan pada usia sebelas tahun, ia telah hafal 30 juz alQuran.

Itulah sekilas biografi Syekh Ali Jaber yang kiprahnya sebagai pendakwah kerap memberikan tausiyah berkaitan dengan amalan dan kisah-kisah dan alaman para nabi serta sahabatnya. Termasuk amalan dalam hal kerejekian yang dijelaskan di artikel ini. ***

 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar