Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Selasa, 15 September 2020

Makanan Penetralisir Segala Penyakit Akibat pH Tubuh Terlalu Asam

| Selasa, 15 September 2020
Makanan Asam dan Basa
Makanan bersifat basa di antaranya adalah sayuran (hellosehat[dot]com)

Menurut buku Jurus Sehat Rasulullah yang dirilis @zaidulakbar bahwa tanda-tanda tubuh kita asam antara lain mulut bau, keringet bau, kencing bau, badan bau, kepala berketombe, mudah marah, mudah terkena jamur seperti kudis, panu dan lainnya hingga sering mengantuk.

Sementara itu, womantalk[dot]com menyebut bahwa akan terjadi beberapa masalah yang timbul akibat kelebihan zat asam dalam tubuh antara lain: obesitas, kesehatan mulut dan gigi yang buruk, tulang menjadi lemah, membentuk lendir, jerawat / masalah kulit, kelelahan, insomnia, nyeri otot dan sendi.

Perlu diketahui asam adalah kondisi ketika pH berada di bawah angka 7. Normalnya pH tubuh manusia sekitar 7,4. Sementara itu, basa adalah kondisi ketika pH berada di atas angka 7.

Jika pH terlalu rendah itu artinya terjadi penumpukan karbondioksida dalam darah. Karbondioksida yang tinggi akan membuat pernapasan menjadi sulit.

Dikutip dari detik[dot]com, bahwa orang yang memiliki tubuh terlalu asam lebih gampang terkena bakteri atau virus. Asal tahu saja, sel kanker lebih mudah berkembang saat tubuh dalam kondisi asam yang berlebihan.

Darah yang asam akan memblokir penyerapan vitamin, membuat racun tersumbat dalam sel, memperlambat fungsi organ, mengganggu sistem pencernaan yang baik, mengeluarkan banyak gas dan perut kembung, menyebabkan kenaikan berat badan tidak sehat dan mempercepat proses penuaan.

Lantas, bagaimana untuk mengatasi atau menetralisir hal tersebut? Rumusnya adalah menjaga pH tubuh agar selalu seimbang (yakni netral atau sedikit basa). Pasalnya, terlalu basa pun juga tidak baik.

Merilis detik[dot]com, bahwa orang-orang yang menderita basa berlebihan pernapasannya menjadi lebih cepat dan sering terlihat cemas. Apabila kondisinya memburuk bisa terjadi kejang otot dan penurunan kesadaran. Jika pernapasannya terlalu cepat ajari si penderita untuk belajar menahan napas selama mungkin sehingga lebih sedikit karbondioksida yang keluar.

Demi menjaga agar pH tubuh tidak terlalu asam, maka berikut sederet makanan bersifat basa. Melansir sehatq[dot]com, meliputi sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, kentang, kedelai, legume, jus tanpa gula, kismis, anggur hitam, dan banyak lagi.

Istilah menjaga makanan ini dikenal dengan diet alkali, meski belum terbukti dapat menyeimbangkan pH dalam darah atau membuatnya lebih basah. Tapi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan bersifat basa dapat meningkatkan kesehatan.

Pendapat tersebut memang masuk akal, mengingat diet alkali berfokus pada makanan alami seperti sayur dan buah ketimbang daging olahan berlemak.

Merilis amazine[dot]co, bahwa makan makanan bersifat basa juga dapat membantu melawan asam lambung berlebihan yang disebabkan oleh stres. Berikut adalah daftar makanan yang bisa mengurangi kelebihan asam lambung:

Sayuran

Sebagian sayuran dapat menjadi sumber basa (alkali) dan mampu mengurangi asam lambung berlebih. Sayuran hijau seperti peterseli, bayam mentah, brokoli, dan seledri mengandung jumlah tinggi alkali, begitu pula dengan bawang putih dan artichoke.

Selain itu, wortel, kacang hijau, selada, zucchini, labu, asparagus, jagung segar, jamur, bawang, kacang polong, kentang dan kembang kol juga efektif mengurangi level asam lambung.

Hindari acar, ubi jalar, bayam masak dan kacang merah yang dapat memicu perut menghasilkan asam.

Buah-buahan

Berbagai buah-buahan termasuk buah ara kering dan kismis, kurma, blackcurrant, pepaya, kiwi dan pir yang diketahui bersifat basa.

Kelapa, ceri asam, tomat, persik, alpukat, mangga, semangka dan stroberi diketahui mengandung kadar rendah alkali. Selain itu, jauhi blueberry, cranberry, pisang, plum, buah kaleng dan jus buah olahan yang mengandung asam.

Biji-bijian dan sereal

Sementara tidak ada biji-bijian dan sereal yang mengandung alkali tinggi, lentil, jagung, nasi, millet dan soba bersifat sedikit basa yang dapat membantuk menyeimbangkan asam yang diproduksi oleh tubuh.

Produk susu

Dengan makan keju kedelai, keju kambung, susu kedelai, buttermilk, susu almond dan whey, Anda telah mengonsumsi sejumlah kecil basa. Parmesan dan keju olahan membuat tubuh menghasilkan asam sehingga harus dihindari.

Kacang-kacangan

Hazelnut, almond, chestnut dan kacang Brazil dapat mengurangi kelebihan asam dalam perut. Sebaliknya, kacang tanah, walnut, kacang mete, kemiri dan pistachios dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Minuman

Minum-minuman alkali akan membantu mengurangi asam lambung. Teh herbal, teh hijau dan minuman jahe dikenal tinggi alkali. Hindari mengonsumsi teh hitam, kopi, bir, minuman keras, anggur, soda dan cokelat karena meningkatkan kadar asam.

Itulah beberapa makanan bersifat basa, yang tidak lain adalah ikhtiar menetralisir kadar pH tubuh agar tidak terlalu asam yang berdampak pada beberapa penyakit akibat kadar pH yang rendah (asam). ***

 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar