Segalanya tentang Inspirasi, Kesehatan & Lifestyle


Senin, 31 Agustus 2020

Sumber Kolagen Alami untuk Kecantikan dan Awet Muda

| Senin, 31 Agustus 2020

Buah kolagen
Sumber kolagen alami (IG)

Kolagen adalah protein yang memiliki fungsi memberi struktur, kekenyalan, dan peregangan kulit.

Dikutip dari Wikipedia, kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Dia adalah struktur organic pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serta kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan.

Kata kolagen sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya (bersifat lekat atau menghasilkan pelekat).

Dalam dunia kecantikan, kolagen sebagai sarana kecantikan sedang digandrungi masyarakat +62. Berbagai merk pun bermunculan serta menjadi incaran para wanita yang mendambakan kecantikan alami. Bahkan, produk kecantikan dengan kandungan kolagen dipercaya menjadikan awet muda.

Bukan tanpa alasan, seiring bertambahnya usia, manusia normal akan menghasilkan lebih sedikit kolagen di kulit.

Akibatnya, kulit pun akan menjadi kendur dan keluar garis-garis atau kerutan. Nah, kolagen adalah salah satu kandungan yang harus dimiliki dalam produk kecantikan.

Melansir Health Line, ahli diet dan kecantikan dari Amerika Serikat (AS), Katey Davidson, MScFN, RD, mengungkapkan mengonsumsi makanan kaya kolagen atau makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen, juga bisa membantu menciptakan bahan pembangun (asam amino) yang dibutuhkan untuk kebaikan kulit kepala.

“Ada tiga asam amino penting untuk sintesis kolagen, yakni prolin, lisin, dan glisin,” kata Davidson dikutip dari kompas[dot]com.

Bagi warga +62 yang menginginkan kulit halus, lembut, kencang, kenyal, dan terlihat awet muda maka perbanyak mengonsumsi makanan sehat adalah pilihannya. Terutama, makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, antosianin, protein, zinc, tembaga, dan alpha-hydroxy acids.

Berbagai makanan dengan kandungan tersebut dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari alodokter[dot]com:

Vitamin A

Merupakan salah satu jenis antioksidan yang bisa merangsang produksi kolagen dan menangkal efek buruk paparan sinar UV. Vitamin A bisa didapatkan dengan mengonsumsi tomat, wortel, sayuran berdaun hijau, mangga, produk susu, ikan, udang, hati sapi, minyak hati cod, dan telur.

Vitamin C

Nutrisi ini pun juga mampu merangsang produksi kolagen di dalam tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C bisa mencegah kulit kering, serta membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dan keriput yang diperoleh di dalam jeruk, stroberi, pepaya, kelengkeng, brokoli, dan sayuran berdaun hijau.

Antosianin

Zat ini diketahui mampu meningkatkan produksi kolagen. Antosianin sendiri adalah pigmen warna yang terdapat di buah dan sayuran. Seperti anggur, delima, buah beri, tomat, dan kacang merah.

Protein

Tubuh mengubah asupan protein menjadi asam amino. Zat ini kemudian digunakan untuk membentuk jaringan tubuh dan kolagen, protein didapat dengan mengonsumsi makanan laut, daging, susu, keju, yogurt, telur, kacang kedelai, dan ikan.

Alpha-hydroxy acids (AHAs)

Senyawa ini merupakan kelompok asam alami yang ditemukan dalam makanan. AHA dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dengan menghancurkan serta kolagen lama dan membuat yang baru. AHA ditemukan pada buah jeruk, apel, anggur, tebu, tomat, dan lemon.

Mineral

Seperti halnya selenium, zinc, dan tembaga memiliki fungsi penting dalam produksi kolagen. Zat ini juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit, membantu kulit melawan bakteri, dan menghasilkan kolagen.

Selain itu, demi meningkatkan asupan kolagen dalam tubuh agar menjadikan tubuh sehat dan awet muda. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung kolagen. Seperti dilansir dari kompas[dot]com:

Ayam

Beberapa penelitian telah menggunakan leher ayam dan tulang rawan ayam sebagai sumber kolagen untuk perawatan radang sendi.

Kaldu tulang

Kaldu ini dapat dibuat dengan mendidihkan tulang hewan, seperti sapi dalam air. Proses ini diyakini dapat mengekstraksi kolagen. Saat membuat ini di rumah, bumbui kaldu dengan bumbu untuk rasa agar tidak hambar.

Karena kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat, makanan ini mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamin, kondroitin, asam amino, dan banyak nutrisi lainnya.

Ikan dan kerang

Kedua hewan air ini memiliki tulang dan ligament yang terbuat dari kolagen. Beberapa ahli mengklaim kolagen laut adalah salah satu yang paling mudah diserap.

Sebagai informasi, daging ikan cenderung mengandung lebih sedikit kolagen daripada bagian lain yang biasanya kurang diinginkan. Padahal, bagian ikan yang paling tinggi kolagennya adalah pada kepala, sisik, atau bola mata.

Bahkan faktanya, para peneliti telah menggunakan kulit ikan sebagai sumber peptide kolagen.

Putih telur

Bahan makanan ini dipercaya memiliki prolin dalam jumlah besar, salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen.

Jeruk

Kandungan vitamin C memiliki peran yang utama dalam produksi pro-kolagen, prekursor tubuh untuk kolagen. Olah karena itu, mendapatkan cukup vitamin C sangat penting untuk kesehatan kulit.

Beri

Selain jeruk, buah beri adalah sumber lain yang sangat baik. Satu ons stroberi sebenarnya bisa menyediakan lebih banyak vitamin C daripada satu buah jeruk. Raspberry, blueberry, dan blackberry juga menawarkan dosis yang kuat.

Buah tropis

Seperti mangga, kiwi, nanas, dan jambu biji kaya akan kandungan vitamin C. Jambu biji bahkan memiliki sejumlah kecil seng, faktor pendamping lain untuk produksi kolagen.

Bawang putih

Menurut Gabriel, bawang putih kaya akan sulfur yang merupakan trace mineral yang membantu mensintesis dan mencegah kerusakan kolagen.

Kacang

Makanan ini kaya akan protein tinggi yang sering mengandung asam amino yang diperlukan untuk sintesis kolagen. Selain itu, kacang juga mengandung banyak tembaga sebagai nutrisi yang diperlukan untuk produksi kolagen.

Kacang mete

Kandungan seng dan tembaga, yang keduanya meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuat kolagen.

Tomat

Kandungan vitamin C dalam tomat, dalam ukuran sedang pun dapat menyediakan hampir 30 persen nutrisi penting untuk kolagen. Tomat juga mengandung likopen dalam jumlah besar, antioksidan kuat untuk mendukung kesehatan kulit.

Melansir Everyday Health, Deanne Robinson, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di Modern Dermatology di Westport, Connecticut, AS, mengungkap kolagen tak hanya penting untuk kulit, tapi juga beberapa bagian tubuh lain, seperti jaringan ikat, tulang rawan, tendon, dan darah.

Kolagen berfungsi untuk membentuk struktur pada sendi dan tendon, melindungi organ-organ di dalam tubuh, termasuk menyatukan bagian tubuh seperti tulang dan otot. ***

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar